Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris

Update Terakhir: April 16, 2014

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris – Pada tanggal 15 April 1989 tentu akan dikenang sebagai hari yang sangat kelam dalam sejarah sepakbola di Liga Inggris. Terutama untuk Liverpool. Kala itu Scousers berkeinginan guna menyaksikan laga semi final Piala FA yang mempertemukan The Reds dan Nottingham Forrest di Stadion Hillsborough yang akhirnya berubah menjadi tragedi berdarah yang akhirnya merenggut 96 nyawa. Dan juga jumlah yang cedera mencapai 766 orang. Ketika itu semua stadion dan juga termasuk kandang milik Sheffield Wednesday sendiri memang mempunyai beberapa area khusus berdiri yang disebut teras dan juga dipisahkan oleh pagar besi.

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris – Ditambah ketika itu ada perbaikan jalan yang membuat banyak calon penonton akhirnya harus datang terlambat ke laga ini. Kerumunan fans langsung terlihat ketika laga hendak dimulai. Melihat keadaan ini pihak kepolisian akhirnya memutuskan membuka 2 pintu samping menuju area sentral guna memberikan jalan kepada para pendukung Liverpool. Sayangnya polisi justru tidak melakukan cek terlebih dahulu jumlah penonton yang sudah masuk ke area sentral. Akhirnya area tersebut justru melebihi kapasitas. Alhasil fans yang berada di sektor depan sendiri akhirnya harus terdesak ke arah pagar pembatas yang memisahkan area teras dan juga lapangan.

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris – Tidak adanya petugas stadion dan juga polisi guna mengarahkan penonton semakin memperparah situasi. Fans yang baru saja masuk jelas tidak menyadari dan mengetahui apa yang terjadi di bagian depan, terus merangsek masuk agar bisa menyaksikan laga. Akhirnya banyak korban jiwa yang harus tewas dengan keadaan berdiri. Terdapat 94 orang tewas dari usia 10 hingga 67 tahun. Sementara 2 korban lainnya meninggal selang 4 hari usai kejadian salah sautnya Lee Nicol yang berusia 14 tahun yang harus mendapatkan bantuan alat penunjang kehidupan. Pada bulan Maret 1993 angka itu kembali bertambah menjadi 96, saat artifical feeding and hydration yaitu pemberian makan dan minum melalui selang dicabut dari korban Tony Bland yang harus koma selama 4 tahun lamanya.

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris – Pemerintah Inggris langsung menunjuk Hakim Agung Taylor guna melakukan investigasi. Hasil yang dirilis pada bulan Januari 1990 yang dikenal dengan nama Taylor Report, menyimpulkan bahwa kegagalan dari kepolisian dalam melakukan pengawasa pada tanggal 15 April disebut sebagai penyebab utama. Taylor Report sendiri juga memutuskan untuk menghilangkan pagar pembatas antara tribun penonton dan juga lapangan serta merubah semua stadion menjadi “all-seater”. Penyelidikan sendiri tidak berhenti. Apalagi setelah ada kecurigaan bahwa fakta lengkap belum terungkap dan ada beberapa hal yang ditutup-tutupi. The Hillsborough Family Support Group yang di ketuai oleh Trevor Hicks menyuarakan hal tersebut.

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris – Hillsborough Independent Panel sendiri akhirnya dibentuk pada bulan Desember 2009 dimana hasil investigasi dibeberkan ke ranah publik pada tanggal 12 September 2012. Di sini akhirnya terkuak bahwa tidak ada satu pun fans Liverpool yang harus bertanggung jawab atas bencana ini. Semua penyebab utama adalah kurangnya control dari pihak keamanan dalam hal ini yaitu kepolisian dalam mengatur para penonton. Dan hal ini menyebabkan 96 orang tewas.

Piala Dunia Sejarah Kelam Sepakbola Liga Inggris