Hanover Mendapatkan Pelatih Baru

Update Terakhir: April 1, 2015

Hanover Mendapatkan Pelatih Baru

Klub Bundesliga Hanover resmi mendapatkan pelatih baru di masa libur musim dingin kali ini. Mantan gelandang tim nasional Turki, Tayfun Korkut, dipilih untuk membidani klub tersebut, walau proses itu mengejutkan sejumlah pihak tidak luput dari pendukungnya, yang saat mendengar namanya diumumkan. Pria berusia 39 tahun, yang telah memperkuat negaranya sebanyak 42 kali pada era 1995 hingga 2003, menjadi pelatih Turki pertama yang membidani klub Bundesliga dengan basis permanen, setelah mendepak Mirko Slomka pada pekan lalu. Bagi Tayfun, pekerjaan ini juga merupakan yang pertama kali dalam jabatan di tim senior bagi mantan pemain tengah, yang sebelunnya juga menekuni dunia kepelatihan yunior di tim La Liga, Real Sociedad, Hoffenheim dan VfB Stuttgart dan juga sempat menjadi asisten pelatih tim nasional Turki, Abdullah Evci pada tahun 2012 dan 2013. “Penunjukan ini diharapkan bisa memberikan sebuah harapan di masa depan yang cukup cerah bagi Hanover 96,” tukas direktur klub Dirk Dufner, melalui situs resmi klub.

Kami memutuskan untuk merekrut pelatih muda, dan handal dalam melatih serta sekaligus juga memiliki motivasi tinggi dan ia memenuhi persyaratan yang kami inginkan secara pribadi. “Kami tahu bahwa keputusan yang kami ambil ini sangat penting, namun lihat pekerjaan kami bersama Tayfun Korkut dengan segala macam sudut pandang yang ada. Saya menaruh kepercayaan diri kepadanya, untuk memberikan kami kesuksesan secara bersama-sama.” Hanover, yang saat ini berada di peringkat 13, dari 18 kontestan Bundesliga, terpaksa menyudahi pekerjaan Slomka setelah kurun waktu hampir tiga tahun dengan tim yang berada empat peringkat dari penghuni zona degradasi.

“Saya sangat berterima kasih kepada Hanover atas kesempatan yang diberikan kepada saya,” tukas Korkut, yang merupakan kelahiran dan dibesarkan di Stuttgart dan mengawali karir di Stuttgart Kickers. Kemudian ia melanjutkan karir persepakbolaannya dengan Fenerbahce, Real Sociedad, Espanyol, Besiktas dan Genclerbirligi. Hanover merupakan klub keempat yang berganti kepemimpinan di kompetisi Bundesliga pada musim ini, setelah Stuttgart, Hamburger SV dan Nuremberg terlebih dulu melakukan aksi serupa. Pada 25  Januari mendatang, mereka akan menghadapi VfL Wolfsburg. Tayfun Korkut sebenarnya tidak percaya dengan jabatan tersebut karena ia menganggap tadinya hanya akan menjadi asisten dari Mirko Slomka di klub Bundesliga yang tengah berjuang untuk keluar dari keterpurukan.

Pendekatan yang dilakukan oleh pihak manajemen Hanover sebenarnya sudah terjadi sebelum Natal lalu, untuk melihat apakah ia tertarik untuk bekerja sama dengan Slomka dan menjadi asistennya. Slomka didepak selepas Natal, meski demikian, Korkut menyadari bahwa penunjukannya sebagai pelatih baru, membuatnya bertahan hingga 2016 dan telah mengadakan konferensi pers untuk kali pertama di akhir pekan kemarin. “Saya ingin mengambil kesempatan ini dengan bakat dan kemampuan yang saya miliki,” tukas mantan asisten tim nasional Turki. “Saya ingin melihat tim yang pantang menyerah, berani dan aktif. Saya juga ingin melihat sikap kebersamaan, dan jika kami bisa melakukannya, maka tim  ini akan meraih kesuksesan.”